iklan publik

Promo



Bunga matahari memiliki prilaku yang unik, yaitu ketika tumbuh dan bunganya mekar. Maka secara alami akan menghadap ke matahari. Secara alamiah, bunga matahari memiliki sifat  tumbuh yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya atau dapat disebut dengan Fototropisme atau heliotropisme. Tropisme memiliki arti pergerakan dalam pertumbuhan sel (umumnya pada sel tumbuhan) yang menyebabkan pergerakan organ tumbuhan utuh menuju atau menjauhi sumber rangsangan (stimulus).

Sifat yang terdapat pada bunga matahari adalah sifat Fototropisme, sehingga bunga matahari akan bergerak kearah matahari terbit karena bunga akan menerima rangsangan cahaya. hal ini dapat disebabkan oleh kecepatan pemanjangan sel-sel pada sisi batang yang lebih gelap adalah lebih cepat dibandingkan dengan sel-sel pada sisi yang lebih terang karena adanya penyebaran auksin yang tidak merata dari ujung tunas. Jadi itu sebabnya kenapa bunga matahari ketika tumbuh selalu menghadap matahari. 
selain bunga matahari  Fototropisme  juga terdapat pada tanaman kacang hijau, dan rumput. prosesnya ketika kecambah dari biji kacang hijau mulai tumbuh. Maka secara alamiah kecambah akan berusaha mencari sumber cahaya matahari. 

Bunga matahari atau jika dalam bahasa latin Helianthus annuus L. adalah tumbuhan berbentuk menyerupai matahari yang termasuk kedalam famili compositae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Peru Amerika Latin, bunga matahari dikatakan juga sebagai bunga semusim.

1 komentar:

Kesempatan anda

 
Top